Kang Ito Trip ke Sumbawa. Hasilnya, Strike Dogtooth

sumbawa-2

Dua hari trip di Pulau Sumbawa membawa keberuntungan bagi Kang Ito dan rekannya. Keberhasilan Strike doogtoth ini diawali saat trip ke Pulau Sekonci. Ya, sejak tanggal 11 s/d 15 Agustus 2016, Kang Ito melakukan trip mancing laut di wilayah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

sumbawa-3

    Selain Kang Ito ada 2 rekan lainnya Ade dan Slamet sedangkan di Sumbawa, Tole M. Top menunggu di Sumbawa. Spot yang akan dituju utara Pulau Sumbawa Besar, di daerah Sekonci. Jarak dari pantai ke spot sejauh 49 mil, kurang lebih 5 jam perjalanan. Setelah semua perlengkapan siap, tim berangkat ke Sekonci. Rencananya tim mancing di satu spot namanya Pulau Sekonci yaitu Gosong Pasing yang menonjol di tengah laut di laut utara Sumbawa dengan kedalaman air 60 – 150 meter.

sumbawa-1

    Tiba di lokasi tim mulai bersiap bertempur berburu ikan-ikan laut di Pulau Sumbawa. Tim menggunakan jig 60 – 120 gram dan teknik mancing yang digunakan full jigging dengan kedalaman laut atau spot yang dipancing kedalamannya top 40 drop sampai 400 meter. Dari awal jigging, strike bertubi-tubi mulai dari baby dogie, kerapu, cablak dan laninnya. Dogie seberat 15 kg dan 20 kg berhasil dipancing oleh tim.

sumbawa-4

    Yuri berhasil strike ikan tuna dogtooth 30 kg, Kang Ito 20 kg, yang lain antara 5-10 kg. Selain itu ikan-ikan lainnya yang didapat ada GT, kurisi, kerapu, lodu, cakalang, lencam, tongkol dan lainnya. Selama mancing, kami hanya mancing di satu spot, tidak pindah-pindah, padahal semua spot masih luar biasa bagus cuma kendala di cuaca saja. Dikarenakan cuaca kurang bersahabat, trip ini disudahi dan kembali ke darat. Trip Sumbawa memang menantang dan mengasikkan.(isr)